Friday, April 26, 2013

Tips Cara Merawat Laptop yang Baik & Agar Tetap Awet

8 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik - Memiliki laptop yang awet sampai bertahun-tahun tentunya bukan hanya keinginan saya seorang. Pasti anda juga sebagai pemilik laptop menginginkan hal yang sama bukan ? Sama sepertinya tubuh kita yang perlu dirawat, laptop juga memerlukan perawatan agar dapat bertahan hingga bertahun-tahun.
Ternyata merawat laptop tidaklah begitu sulit jika dibandingkan dengan merawat komputer. Tapi perlu anda perhatikan bahwa laptop itu lebih sensitif jika dibandingkan dengan komputer. Oleh karena itu, jika tidak dirawat dengan baik maka laptop anda akan sering berurusan dengan tukang service dan tentunya biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Banyak orang bilang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi jika anda bisa merawat laptop anda, kenapa harus ditunggu sampai rusak dahulu ?
Cara Merawat Laptop ini bisa anda terapkan di semua merek laptop seperti ASUS, LENOVO, AXIO, HP, ACER, FUJITSU, COMPAQ, TOSHIBA, DELL. Baiklah, untuk lengkapnya silahkan perhatikan beberapa tips di bawah ini :

1. Jangan Menaruh Benda Berat di atas Laptop

7 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik
Tahukah anda bahwa meletakan benda-benda berat di atas laptop ketika sedang dalam keadaan tertutup dapat berakibat terhadap rusaknya LCD laptop anda. Bermula dari muncul garis-garis seperti tv yang tidak mendapatkan sinyal hingga berakhir dengan LCD yang mati total. 
Hal seperti ini pernah terjadi pada laptop saya, dan teman saya yang kebetuan ahli dalam hal ini mengatakan itu semua terjadi karena saya sering meletakan benda berat di atas LCD laptop saya.

2. Gunakan Selalu Baterai Laptop Anda


7 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik
Jangan berpikir bahwa menggunakan baterai sekaligus mencharge bisa membuat baterai laptop menggembung. Hal ini mungkin saja terjadi pada laptop yang diproduksi pada tahun 2005 ke bawah. 
Menggunakan laptop tanpa baterai sangatlah beresiko. Jika saja tiba-tiba listrik di rumah anda padam, maka itu akan membuat laptop anda langsung mati dan dapat berakibat buruk terhadap komponen laptop anda. 
Baiknya ketika anda sedang menggunakan daya listrik/DC, usahakan agar baterai laptop tetap terpasang. Nantinya baterai berfungsi sebagai penahan daya jika saja ada kejadian tidak diinginkan seperti listrik yang padam. 

3. Bersihkan Debu yang Hinggap di Laptop Anda

 

7 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik
Hal ini terdengar sepele, tapi ini merupakan tips yang sangat baik dalam merawat laptop. Debu yang menumpuk terutama pada bagian saluran pembuangan udara dapat menyebabkan kerusakan jika dibiarkan secara terus menerus.
Bersihkan laptop anda secara rutin dan berkala. Cobalah untuk membuat jadwal pembersihan sekali seminggu.

4. Gunakan Cooling Pad Jika Suhu Ruangan Terlalu Panas

 

7 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik
Suhu ruangan yang panas serta pemakaian dalam jangka panjang bisa berakibat buruk terhadap laptop anda. Panas yang berlebih dapat merusak komponen-komponen laptop anda. 
Bila suhu di ruangan anda sudah terlalu panas dan anda tetap berniat menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, maka saya sarankan anda untuk menggunakan cooling pad.

Cooling pad terdiri dari beberapa kipas kecil ataupun ada yang bermodel hanya 1 kipas besar. Dengan menggunakan Cooling pad akan memberikan sirkulasi udara yang baik untuk laptop anda.. 

5. Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

 

7 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik
Selain kasur, jangan letakan laptop pada alas yang berbahan lembut pada saat menyala. Pada saat laptop menyala, laptop terus mengeluarkan hawa panas dari dalam keluar. 
Karena kasur dan bahan empuk lainnya bersifat menyerap panas, bukan membuang hawa panas. Setiap laptop perlu yang namanya ruang untuk sirkulasi udara. Maka saya sarankan anda untuk tidak menggunakan laptop di atas kasur atau bahan sejenis lainnya.

6. Letakan Laptop di Permukaan yang Datar Ketika Menyala

 

7 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik
Pada saat dalam keadaan menyala, komponen laptop seperti piringan harddisk sedang dalam kondisi berputar. Kenapa berputar ? karena setiap kita membaca file yang ada pada laptop kita maka piringan tersebut terus berputar.

Jika saja kita meletakan laptop dalam keadaan miring, bukan tidak mungkin bila head dari harddisk menggores piringan tersebut. Efek dari hal tersebut adalah dengan munculnya banyak bagian bad sector pada harddisk hingga sampai kerusakan total.

7. Jangan Sampai Terkena Benda Cair


Saya rasa untuk yang ini anda semua sudah tahu bukan ? Tidak hanya laptop, tapi semua barang elektronik juga tidak boleh terkena benda cair. Untuk itu, jauhkanlah laptop anda dari resiko terkena benda cair seperti  minuman dan cairan lainnya.

Bila memang tidak sengaja terkena, maka baiknya anda tunggu sampai kering terlebih dahulu. Baru kemudia hidupkan laptop anda.

8. Lepas Batrai Laptop

Apabila laptop tidak di pakai dalam rentan waktu yang lama, sebaiknya melepas batrai laptop, lalu simpanlah di tempat yang aman dan kering.

Saya sendiri menerapkan delapan tips di atas dan sampai sekarang tepatnya 2 tahun laptop saya masih berfungsi dengan baik.
Baiklah, artikel 8 Tips Cara Merawat Laptop yang Baik, baik sampai disini saja yaa. Semoga bermanfaat !..
BACA SELENGKAPNYAhttp://henry-multimedia-informasi.blogspot.com/

Related Posts

Tips Cara Merawat Laptop yang Baik & Agar Tetap Awet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
February 10, 2019 at 2:02 PM

Agen Togel Online Terbaik & Terlengkap!
Tersedia Pasaran Hongkong - Sydney - Singapore
Potongan Diskon 2D = 30% | 3D = 59% | 4D = 66%
Dapatkan Keuntungan Dalam Menebak Angka Hingga Ratusan Juta Setiap Hari..
Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
BBM: BOLAVITA
WA: +628122222995

Reply

=======================================================
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag [code]... KODE ...[/code]

• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag [pre]... KODE ...[/pre]

• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [quote]...CATATAN ...[/quote]

• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]..URL GAMBAR..[/img]

• Untuk menyisipkan video, gunakan [youtube]..URL VIDEO..[youtube]
=======================================================